Laman

Selasa, 09 April 2019

Sholat Berjamaah di Masjid SMPN 3 Banjarnegara

SMPN3BANJARNEGARA-Setiap waktu sholat dzuhur tiba maka semua anak menuju ke masjid sekolah untuk melaksanakan sholat dzuhur berjamaah. Alhamdulillah saat ini masjid SMPN 3 Banjarnegara bisa menampung semua anak dan guru untuk sholat berjamaah bersama. Sebelum sholat seperti halnya mesjid yang lain maka salah satu anak mengumandangkan adzan terdahulu. Selanjutnya setelah selesai adzan maka dilanjutkan dengan sholat sunnah kobliyah dzuhur.  Kemudian sambil menunggu komat setelah selesai sholat sunnah kobliyah dzuhur tersebut maka anak-anak berdoa sendiri-sendiri. Hal ini pembiasaan sangat baik untuk berdoa sebab waktu antara adzan dan ikomah merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Selanjutnya melakukan shoolat dzuhur berjamaah.  Adapun yang betindak sebagai imam sholat adalah salah satu guru. Selanjutnya setiap hari Jumat juga diselenggarakan sholat jumatan di masjid SMPN 3 Banjarnegara.

Sholat Berjamaah

Wudhu
Semoga dengan pembiasaan seperti ini akan lebih meningkatkan semangat istiqomah para siswa untuk senantiasa sholat jamaah di masjid setiap waktu sholat tiba. Kegiatan ini perlu terus dilakukan agar semua siswa dapat memperoleh dari bermacam-macam keutamaan sholat berjamaah di masjid, yaitu:
  1. Mendapat naungan dari Allah SWT pada hari kiamat. Rasululloh bersabda, yang artinya "Tujuh orang yang Allah akan menaungi mereka pada suatu hari (hari kiamat) yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya; (diantaranya) seorang penguasa yang adil, pemuda yang dibesarkan dalam ketaatan kepada Rabbnya, seseorang yang hatinya selalu terpaut dengan masjid, ..." (Muttaqun alaihi)
  2. Mendapat jaminan dari Allah SWT di dunia dan di akhirat. Rasululloh bersabda, yang artinya "Seseorang yang pergi ke masjid, maka ia mendapat jaminan dari Allah SWT sampai Allah SWT mewafatkannya dan memasukannya ke dalam Al-Jannah (surga)." (HR. Abu Dawud no. 2494)
  3.  Mendapat balasan seperti haji. Rasululloh bersabda,yang artinya, "Barang siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan berwudhu untuk sholat lima waktu (secara bejama'ah dimasjid), maka pahalanya seperti pahala orang berhaji yang berihram." (H.R. Abu Dawud no. 554)
  4.  Mendapat cahaya sempurna pada hari kiamat. Rasululloh bersabda,yang artinya "Berilah kabar gembira bagi orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan malam menuju ke masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat." HR. Abu DAwud no. 561)
  5. Disediakan baginya Al-Jannah. Rasululloh bersabda,yang artinya  "Barang siapa pergi ke masjid di waktu pagi atau petang, Allah akan menyediakan tempat baginya Al-Jannah (surga) setiap ia pergi di waktu pagi maupun petang." (Muttaqun ' alaihi)
  6. Mendapat dua puluh lima / dua puluh tujuh derajat dari pada shalat sendirian. Rasululloh bersabda,yang artinya "Sholat berjamaah lebih utama daripada sholat sendirian dengan memperoleh dua puluh lima derajat (dalam riwayat lain: dua puluh tujuh)".  (Muttafaqun 'alaihi)
  7. Mendapat pahala yang besar. Dari Abu Hurairoh Rasululloh bersabda,yang artinya "Seandainya manusia mengetahui pahala yang terdapat dalam panggilan adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak bisa meraihnya kecuali dengan diundi, niscaya mereka akan mengadakan undian. Dan seandainya mereka menegathui pahala yang terdapat dalam berjalan menuju shalat berjamaah niscaya mereka akan berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala yang terdapat dalam shaolat Isya' dan Suguh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkak."
  8. Mendapatkan keistimewaan shalat Isya dan Subuh berjamah. Dari Utsman bin Affan  Rasululloh bersabda, "Barang siapa yang melaksanakan sholat Isya dengan berjamaah, maka seolah-olah dia melaksanakan sohlat separuh malam. Dan barang siapa yang melaksanakan sholat Subuh dengan berjamaah, maka seolah-olah dia melaksanakan sholat malam semalam penuh."
  9. Terhapusnya dosa-dosa dan terangkatnya beberapa derajat. Dari Utsman bin Affan Rasululloh bersabda,yang artinya "Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapuskan dosa-dosa, dan mengangkat dengannya beberapa derajat ? Mereka menjawab: "Ya, wahai Rasululloh." Beliau bersabda: "Menyempurnakan wudhu' dalam keadaan susah (sulit), memperbanyak langkah menuju masjid, dan  menunggu sholat setelah sholat, karena demikian itulah yang dinamakan Ribath." (HR. MUslim no. 251). Dari Utsman bin Affan Rasullulah juga bersabda, yang artinya "Barang siapa yang berwudhu untuk melakanakan sholat, kemudian menyempurnakan wudhunya, kemudian dia berjalan untuk melaksanakan shlat wajib dengan orang-orang atau berjamaah, atau di masjid maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.". Dari Abu Hurairah Rasululloh juga bersabda,yang artinya Hal ini karena jika dia berwudhu dan memperbagus wudhunya, kemudian dia keluar menuju masjid, dan tidaklah dia keluar dari rumahnya kecuali untuk melaksanakan sholat, tidaklah dia melangkah satu langkah kecuali dengannya Allah akan meninggikan satu derajatnya dan menghapus dirinya dari kesalahan. Jika dia melaksanakan shalat, maka malaikat akan senantiasa mendoakannya selama dia berada di dalam tempat shaolatnya, malaikat berdoa,"Ya Allah pujilah namanya, ya Allah rahmatilah dia." Dan salah seorang diantaranya kalian tetap di dalam sholat selama dia menunggu datangnya shoalt berikutnya"
  10. Bukan termasuk orang munafik. Dari Abdullah bin Mas'ud Rasululloh bersabda,yang artinya " Sungguh saya telah menyaksikan bahwa tidaklah seseorang di antara kami tidak melaksanakan shalat berjamaah melainkan dia adalah orang munafiq yang telah diketahui kemunafikannya atau orang yang sakit. Adalah orang yang sakit dipapah oleh dua orng untuk mendatangi shalat berjamaah." Ibnu Mas'ud bekata, :"Sesungguhnya Rasululloh mengajarkan kepada kami sunah-sunah petunjuk, dan diantara sunah-sunah petunjuk tersebut adalah melaksanakan sholat di masjid yang dikumandangkan adzan di dalamnya."
  11. Tidak dikuasai setan. Dari Utsman bin Affan Rasululloh bersabda,yang artinya "Tidaklah tiga orang disuatu perkampungan atau pedalaman, tidak dilaksanakan di tengah-tengah mereka shalat, kecuali setan akan menguasai mereka. Hendaklah angkau berjamaah, karena sesungguhnya serigala itu memangsa domba yang sendirian." (ol)

0 komentar:

Posting Komentar