Laman

Jumat, 28 Juni 2019

Seminar PTK (Penelitian Tindakan Kelas) oleh Bp. Ely Wahyudin, S.Pd dan Ibu Ely Indriani, SE

SMPN3BANJARNEGARA-Pada hari Rabu tanggal 19 Juni 2019 diselenggarakan seminar PTK (Penelitian Tindakan Kelas) oleh Bp. Ely Wahyudin, S.Pd dan Ibu Ely Indriani, SE.  Pada seminar tersebut dihadiri oleh guru dan staf TU SMP Negeri 3 Banjarnegara dan beberapa guru dari sekolah lain. 

Pak Ely adalah guru mata pelajaran yang melakukan PTK dengan judul "Peningkatan Prestasi Belajar Menggunakan Internet untuk Memperoleh Informasi pada Siswa kelas IX E SMPN 3 Banjarnegara yang Gemar Menggunakan Gadget.


Sedangkan Bu Ely adalah guru mata pelajaran IPS yang melakukan PTK dengan judul "Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kedisiplinan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 3 Banjarnegara pada Mata Pelajaran IPS.


Penyelaras PTK, Ibu Dra Siti Rahayu Rumiyati, "Dalam bidang pendidikan, khususnya kegiatan pembelajaran, PTK berkembang sebagai suatu penelitian terapan. PTK sangat bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas. Dengan melaksanakan tahap-tahap PTK, guru dapat menemukan solusi dari masalah yang timbul di kelasnya sendiri, bukan kelas orang lain, dengan menerapkan berbagai ragam teori dan teknik pembelajaran yang relevan secara kreatif.".

Kepala SMP Negeri 3 Banjarnegara, Bp. Suratno, S.Pd tidak dapat menghadiri acara ini karena sedang mengikuti work shop di Semarang.  Sehingga sambutan kepala sekolah diwakili oleh kepala sekolah, Bp. Purwo Setiono, S.Pd.  Dalam sambutannya Pak Purwo menyampaikan bahwa selain sebagai penelitian terapan, disamping guru melaksanakan tugas utamanya mengajar di kelas, tidak perlu harus meninggalkan siswanya. Jadi PTK merupakan suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru di lapangan. "Dengan melaksanakan PTK, guru mempunyai peran ganda : praktisi dan peneliti", pungkasnya. (ol)
 

1 komentar: