Laman

Senin, 24 Juni 2019

Buku "Terwujudnya Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar" Karya Ibu Rr. Rusdiana Kadaryanti, M.Pd

SMPN3BANJARNEGARA-Ibu Rr. Rusdiana Kadaryanti, M.Pd, Kepala SD Negeri 2 Sokayasa Banjarnegara menulis buku tentang upaya meningkatkan mutu pendidikan dengan judul "Terwujudnya Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar". Buku ini secara garis besar membahas tentang mutu pendidikan, terutama di sekolah dasar yang cenderung memiliki kompetensi rendah sehingga dibutuhkan strategi khusus dan inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan tersebut. Tidak hanya para guru, beberapa komponen juga perlu dilibatkan dalam peningkatan mutu, seperti siswa, sekolah, lingkungan, orang tua siswa, dan lain sebagainya.

Buku ini sangat cocok dibaca oleh guru, kepala sekolah, orang tua/wali atau bahkan masyarakat umum yang peduli dengan upaya peningkatan mutu pendidikan. Hal ini karena hingga saat ini, pengertian mutu pendidikan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan, termasuk pendidikan sekolah dasar belum diterangkan dengan jelas. Hal ini juga menjadi masalah yang berkembang di hampir setiap negara, baik negara maju maupun berkembang.

"Di negari kita, mewujudkan mutu pendidikan merupakan sebuah cita-cita nasional. Maka dari itu, diperlukan adanya pedoman operasional dalam pengelolaan pendidikan nasional, terutama pendidikan di sekolah dasar", kata Ibu Rr. Rusdiana Kadaryanti, M.Pd

Selanjutnya beliau menambahkan bahwa konsep dasar tentang mutu pendidikan yang lengkap, seperti pengertian dan beberapa komponen yang terlibat dalam pendidikan masih perlu dikaji secara komprehensif. Pengertian mutu pendidikan bukan merujuk pada hal statis, tetapi suatu konsep yang dapat berkembang sesuai dengan tuntutan kebutuhan hasil pendidikan yang berhubungan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berupaya untuk mengembangan kualitas sumber daya manusia. Dengan begitu, mutu pendidikan di sekolah dasar bisa diartikan sebagai kemampuan sekolah dalam mengelola komponen-komponen yang berkaitan dengan sekolah secara operasional dan efisien berdasarkan pada norma/standar yang berlaku.

Keunggulan buku ini tampak dari penyusunannya yang dikemas dengan alur dan bahasa yang mudah dipahami oleh siapa saja yang membaca buku ini. Dengan demikian setelah membaca buku ini maka akan memungkinkan banyak tambahn ilmu dan inspirasi untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di tingkat sekolah dasar.

KLIK DI SINI untuk Download Buku "Terwujudnya Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar karya Ibu Rr. Rusdiana Kadaryanti, M.Pd"

Selamat membaca buku ini.

1 komentar:

  1. Semoga smpn 3 Banjarnegara terus maju,amin ya robbal alamin

    BalasHapus