Laman

Sabtu, 26 Oktober 2019

PEKSOS GOES TO SCHOOL CEGAH KEKERASAN TERHADAP ANAK

Munculnya berbagai kasus kekerasan pada anak di Indonesia merupakan tugas semua pihak untuk mencari solusi mengatasi permasalahan ini.  Oleh karena itu, sebagai upaya menyelesaikan permasalahan ini Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak Kementrian Sosial RI menyeleanggarakan tindakan preventif, yaitu Sakti Peksos Goes To School.

Sakti Peksos Kementrian Sosial yang ditempatkan di Kabupaten Banjarnegara melakukan kegiatan Sakti Peksos Goes To School di SMP Negeri 3 Banjarnegara dengan tema "Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak" pada hari Sabtu (26/10). Sebanayak 25 peserta didik tampak semangat dan antosias mengikuti rangkaian acara ini hingga selesai.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banjarnegara, Bp Aziz Achmad, S.Sos. Dalam sambutannya Bp. Aziz menyampaikan bahwa kegatan ini bertujuan untuk mengenalkan tentang kekerasan terhadap anak, dengan demikian agar anak dapat fokus belajar meraih cita-cita. "Tugas anak-anak yaitu belajar, taat dan patuh kepada orang tua, termasuk kepada guru, serta menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda," kata Bp Aziz. Bp. Aziz juga memotivasi meraih sukses kepada seluruh anak. "Anak-anak harus punya cita-cita setinggi mungkin, sedangkan untuk meraih cita-cita itu maka anak-anak agar berupaya meraih ita-cita itu denagan tekun, rajin dan taat beribadah kepada Allah SWT," kata Bp. Aziz.


Kegiatan dipandu oleh tim Sakti Peksos Dinas Sosial Kabupaten Banjarnegara, yaitu 
  1. Satuan bakti pekerja sosial, Ka Wahyu Apriliyani Wulandari, S.ST dan Ka Martina Indah Utama, S.Tr.Sos
  2. Penyuluh Sosial, Ka Anwar, S.TP
  3. Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan, Ka Iwan Tri Setiawan, S.Kom
Ka Wahyu menyampaikan bahwa menurut undang-undang perlindungan anak dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan anak-anak yaitu anak yang masih dalam kandungan  sampai yang berumur 18 tahun. "Anak yang berumur dibawah 18 tahun mempunyai 4 (empat) hak, yaitu hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan dan hak partisipasi", kata Ka Wahyu

Kepala SMPN 3 Banjarnegara, Bp. Suratno, S.Pd menyampaikan terimakasih kepada Dinas Sosial Kabupaten Banjarnegara yang telah berkenan menyeleneggarakan Peksos Goes To School di SMPN 3 Banjarnegara. "Semeoga kegiatan ini dapat mencegah kekerasan terhadap anak, baik di sekolah, di rumah maupun di lingkungan masyarakat," kata Pak Ratno.

Marilah kita dukung program Peksos Goes To School ini dengan stop kekerasan terhadap anak.

0 komentar:

Posting Komentar