Laman

Selasa, 28 Mei 2019

Buku "Meraih Sukses Bersama Allah" Karya Bp. Purwo Setiono, S.Pd

SMPN3BANJARNEGARA-Sekolah mempunyai peran strategis dalam mengembangkan kreativitas siswa dan guru untuk meningkatkan literasi bangsa. Sehubungan dengan hal tersebut, SMP Negeri 3 Banjarnegara memberi kesempatan yang luas kepada guru dan siswa untuk mengembangkan keunggulan dalam literasi yang dimulai dari membaca hingga menulis.

"Gerakan literasi di SMP Negri 3 Banjarnegara jangan hanya sekedar rutinitas, tetapi sekarang sudah saatnya dengan melahirkan karya otentik dari siswa dan guru," kata kepala SMP Negeri 3 Banjarnagara Bp. Suratno, S.Pd.

Paling tidak semangat gerakan literasi ini telah diupayakan di SMP Negeri 3 Banjarnegara.  Di sekolah ini bukan hanya menyediakan buku-buku perpustakaan yang banyak dan menarik serta dengan pelayanan yang baik dan ramah, tetapi dalam pembelajaran juga dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi siswa. 

Guru IPS SMP Negeri 3 Banjarnegara Bp. Purwo Setiono, S.Pd mengatakan bahwa keteladanan guru dalam mengembangkan literasi terhadap siswa sangat penting.

Berawal dari  pemikiran itulah kemudian Bp. Purwo Setiono, S.Pd telah dapat melahirkan karya buku yang dikemas dalam judul "Meraih Sukses Bersama Allah".


Pada hari Jumat (31/5/2019) Bp. Purwo berkesempatan untuk menunjukkan buku hasil karyanya tersebut kepada Bupati Bp. Budi Sarwaono. "Buku ini menunjukkan bahwa Pak Purwo bukan hanya ahli mengajar tetapi juga telah memberikan teladan kepada murid-muridnya untuk berkarya. Semoga dengan keberhasilan Pak Purwo menerbitkan buku ini maka akan dapat memotivasi temen-temen guru yang lain dan para siswa untuk gemar menulis atau karya-karya dalam bentuk lain yang bermanfaat," kata Pak Bupati.

Sedangkan pada hari yang lain, Kamis (27/6/2019) Bp. Purwo berkesempatan untuk menunjukkan buku hasil karyanya tersebut kepada Wakil Bupati Bp. Syamsudin. Pada kesempatan itu Pak Wakil Bupati menyampaikan selamat dan sukses kepada Bp. Purwo atas keberhasilannya dalam menyusun buku. "Semoga berkah," tambah Pak Wakil Bupati.

Buku ini terdiri dari 4 bagian, yaitu ketuhanan, keluarga, guru, dan kebangsaan.Membaca buku ini kita seolahh sedang ikut acara ESQ untuk mawas diri, melihat persoalan, analisis peluang dan tantangan, memetik hikmah dan ambil solusi tepat guna sehingga punya modal besar untuk mengatasi masalah tanpa masalah, merajut cinta dan kerja sama, mempertajam pengetahuan dan wawasan mata batin, mengasah indra ke enam dan meraih rido dan pertolongan Allah.

Sehingga berpeluang besar meraih sukses bersama Allah. Kalinat demi kalimat dalam buku ini ditulis secara puitis. Enak dibaca, mudah dipahami, menumbuhkan cinta, motivasi, ide cerdas dan kreasi sehingga keputusan dan langkah terasa happy, percaya diri , berseri seri karena bersandar pada ajaran dan kuasa Ilahi.

Dalam ruang Ketuhanan kita diajak dialog dengan Allah, curhat pada Allah, menggandeng Tangan Allah sehingga kokoh akidah kita, optimis dan tawakkal langkah kita, membasuh dosa dan salah kita serta sukses usaha dan cita cita kita.

Dalam ruang keluarga, kita diajak konsolidadi keluarga. Kita dipandu memahami pasangan hidup kita (Suami,/istri), anak anak kita dan masyarakat kita. Ada wejangan buat anak, buat ayah bunda, buat pasangan muda yg baru nikah, buat yg sedang belajar di medan ilmu, sedang patah semangat dan lain-lain. Di ruang keluarga ini, kita diantar menuju keluarga sakinah mawadah warohmah.

Kemudian dalam ruang guru, kita diajak mawas diri tentang jati diri guru, tentang pronsip pendidik dan pendidikan, tentang kadih sayang guru, tentang kerinduan murid dan tentang herisme guru. Kita jadi bangga terhadap guru, simpai pada perjuangan guru serta berkiprah banyak untuk  mencintai murid sepenuh hati sepenuh cinta .

Guru dan orangtua yg membaca ruang guru akan makin hormat dan cinta pada profesi guru. Murid yang  menyimak uraian kalimat di ruang guru akan termotivasi untuk mengembangkan diri merajut mimpi menggapai beragam prestasi.

Di bagian akhir buku ini, yakni pada ruang kebangsaan, kita diajak jadi pemimpin yg cermat nemotret sikon jaman, memotret potensi diri dan wilayah serta bersikap kritis terhadap persoalan kebangsaan dengan tetap berpegang tegih pada norma dan konstitusi. Sehongga jadi pemimpin bangsa dan atau warga bangsa yg selalu rajin memberi solusi atas masalah kebangsaan. Alhasil, membaca buku ini, kita akan memperoleh banyak bekal menjadi  orang yg dibimbing Allah untuk meraih sukses. Kita akan meraih sukses bersama Allah. Sukses sebagai pribadi selaku hamba Allah. Sukses sebagai anggota keluarga dalam istana sakinah nawadah warohmah. Sukses di masyarakat karena memahami dan melaksanakan prinsip pendidikan. Serta sukses sebagai warga negara cinta bangsa dan negara. (ol)

Selamat membaca buku ini. Semoga sukses.

3 komentar:

  1. Balasan
    1. terima kasih. mari bersama sumbangkan ide, pikiran, gagasan, usul, saran, kritik untuk kemajuan Banjarnegara dan NKRI tercinta

      Hapus